Home Uncategorized Unpad Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi ke Pemkab Cianjur – Universitas Padjadjaran

Unpad Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi ke Pemkab Cianjur – Universitas Padjadjaran

0
Unpad Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Bumi ke Pemkab Cianjur – Universitas Padjadjaran

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran menyalurkan donasi untuk penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Donasi senilai Rp177.917.590 ini disalurkan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur.

Penyerahan donasi secara simbolis dilakukan Direktur Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Prof. Dr. Isis Ikhwansyah, M.H., CN., kepada Asisten Daerah I Pemkab Cianjur Arief Purnawan di halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Cianjur, Jumat (25/11/2022).

Penyerahan donasi tersebut disaksikan Sekretaris Direktorat Tata Kelola, Legal, dan Komunikasi Unpad Ahmad Baehaqi, M.T., Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi, PhD, serta Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Yusman Faisal.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi warga Cianjur,” kata Prof. Isis.

Dalam kunjungan itu, Unpad juga memberikan bahan pokoK, pakaian, terpal, serta 2.500 alat rapid tes antigen Covid-19 “CePAD” karya peneliti Unpad. Alat rapid tes antigen tersebut langsung disalurkan ke gudang farmasi bantuan bencana gempa bumi Cianjur.

Prof. Isis mengatakan, sumbangan uang tunai senilai 177 juta rupiah tersebut merupakan donasi yang  terkumpul dari para warga Unpad. Pascaperistiwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur, Senin (21/11/2022) lalu, Unpad langsung membuka layanan donasi melalui program Unpad Peduli Sesama pada Selasa (22/11/2022) pagi. Donasi kemudian ditutup pada Kamis (24/11/2022) pukul 23.59 WIB.

Usai menerima sumbangan secara simbolis, Arief mengucapkan terima kasih kepada warga Unpad yang sudi menyisihkan sebagian rezekinya demi bantuan kemanusiaan di Cianjur.

“Mudahan-mudahan support dana, bantuan, dan empati dari Unpad menjadi daya semangat bagi kami. Dan masyarakat terbantukan dengan apa yang Unpad berikan kepada kami,” kata Arief.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Isis juga mengucapkan terima kasih kepada para donator Unpad Peduli Sesama. Donasi yang telah terkumpul melalui rekening Unpad Peduli Sesama seluruhnya telah didonasikan melalui pihak Pemkab Cianjur.

“Atas nama masyarakat Cianjur menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donator. Terima kasih atas kepeduliannya terhadap warga Cianjur,” ujar Prof. Isis.

Bertemu Relawan Unpad

Usai menyalurkan donasi, rombongan juga bertemu dengan para relawan mahasiswa dari Forum Komunikasi Padjadjaran Rescue Unpad. Pertemuan dilakukan di Posko Relawan Unpad yang berlokasi di Gedung PGRI Cianjur.

Koordinator Relawan Unpad Qaul Tsabit Mutawahhid mengatakan, relawan Unpad telah tiba dan bertugas di lokasi bencana sejak Selasa (22/11/2022) lalu. Selama empat hari, tim telah melakukan asesmen lokasi terdampak gempa, membantu proses evakuasi, hingga membantu memberikan pertolongan medis dan nonmedis.

“Asesmen meliputi di mana saja lokasi terdampak, jumlah penyintas, jumlah rumah yang hancur, dan data-data korban,” kata Tsabit.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Unpad tersebut mengatakan, relawan terbagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama bertugas di posko untuk menghimpun data-data asesmen serta membantu penyaluran donasi bersama relawan lainnya. Kelompok dua bertugas membantu proses evakuasi, sedangkan relawan tiga bertugas memberikan pertolongan medis dan nonmedis.

Relawan sendiri terdiri dari gabungan unit kegiatan mahasiswa bidang pencinta alam,  Pramuka dan SAR, tim medis dan psikologi, hingga sejumlah alumni.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here