Home Uncategorized Instanbul, Turki

Instanbul, Turki

0

Kota Istanbul di Turki terkadang juga disebut sebagai “Konstantinopel”. Kota ini merupakan kota terbesar di Turki baik menurut wilayah maupun jumlah penduduk. Istanbul memiliki sekitar 12,6 juta penduduk di perbatasannya. Kota ini dianggap sebagai platform dan pusat utama Turki untuk budaya, arsitektur, sejarah, dan strategi keuangan. Istanbul benar-benar mencakup 39 distrik. Istanbul adalah kota yang terletak di dua benua yang berbeda. Luas wilayah Istanbul kira-kira sekitar 707 mil persegi yang menjadikan kota ini sebagai kota terbesar kelima di dunia menurut kepadatan penduduk hati per mil persegi. Letak kota Istanbul berada di sisi Barat Laut wilayah Marmara di Turki.

Turki memiliki musim panas yang sangat ringan dengan persentase kelembapan yang tinggi tetapi musim dingin sangat dingin, berangin, dan salju sangat sering terjadi di kota selama musim dingin. Istanbul sedikit panas dan lembab di bulan Mei hingga September. Kota ini memiliki persentase kelembaban sekitar 79%. Musim dingin dimulai dari Oktober dan berlangsung hingga April. Kota ini sebagian besar menerima curah hujan dan salju selama bulan Desember, Januari, Februari dan Maret. Suhu maksimum selama musim panas bisa mencapai 25 derajat sedangkan di musim panas kebanyakan di malam hari juga bisa turun di bawah titik beku.

Secara ekonomi Istanbul adalah kota yang sangat kuat karena memiliki dampak yang sangat tinggi dalam perekonomian Turki secara keseluruhan. Istanbul adalah kota yang sangat kaya akan penghasil kapas, tembakau, sutera dan banyak produk lainnya. Istanbul juga menjadi penting secara ekonomi karena menampung semua pelabuhan laut Turki dan juga bandara internasional. Istanbul memiliki beberapa industri utama Turki yang meliputi industri Karet, barang logam, bahan kimia, kulit, industri kendaraan transportasi, kaca dan banyak lainnya. Kota ini juga menghasilkan pendapatan dari departemen pariwisata.

Istanbul juga memainkan peran penting dalam bidang pendidikan karena kota ini memiliki sejumlah institusi swasta dan publik yang memiliki reputasi tinggi di dunia. Kota ini memiliki hampir 20 universitas yang memungkinkan siswa untuk berspesialisasi dalam berbagai bidang. Institusi sektor publik lebih disukai di kota karena hasil dan reputasinya yang baik. “Universitas Istanbul” didirikan pada 1453 dan dianggap sebagai universitas tertua di Turki. Sejak itu telah memberikan pendidikan berkualitas kepada siswa tidak hanya dari Turki tetapi juga siswa dari berbagai belahan dunia. Bersama dengan Universitas Istanbul, “Universitas Teknik Istanbul” juga sangat penting karena merupakan universitas tertua ketiga di dunia dalam bidang teknologi yang didirikan pada tahun 1773.

Di bidang olah raga Istanbul dan Turki sudah mulai mendominasi olah raga seperti sepak bola, bola basket dan bola voli. Stadion Ataturk adalah stadion terbesar di Turki. Stadion ini mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Remaining Liga Champions UEFA 2005 antara Liverpool FC dari Inggris dan Ac Milan dari Italia. Istanbul juga sangat terkenal sebagai tuan rumah berbagai jenis balapan motor sport. Di antaranya “Formulation Satu Grand Prix Turki” adalah yang paling penting.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here